Tips Cari Kerja Saat Pandemi Corona (COVID-19)


Di tahun 2020 pandemi Corona (Covid-19) mulai melanda,yang mengakibatkan perekonomian di Indonesia cukup terpuruk. Beberapa perusahaan sudah mengurangi para pekerjanya, tidak hanya itu Fresh Graduate yang lulus di tahun 2020 pun pasti kebingungan dalam mencari kerja.

Meskipun keadaan di Indonesia sedang sangat sulit akibat pandemi, Anda harus tetap optimis untuk mendapatkan pekerjaan. Berikut beberapa tips mencari kerja untuk pekerja yang baru dirumahkan maupun fresh graduate yang baru lulus di masa pandemi.

Usaha kecil-kecilan atau jadi relawan
Jika Anda masih memiliki modal, gunakan modal tersebut untuk usaha kecil-kecilan, misalnya berjualan gorengan. Jika Anda tidak punya modal sekali, Anda mungkin dapat berjualan dengan metode reseller online tanpa barang sama sekali.

Jika Anda fresh graduate dan dapat melakukan usaha kecil-kecilan, tentu akan menjadi poin tambahan sebagai pengalaman Anda. Jika Anda fresh graduate dan tidak dapat melakukan usaha kecil-kecilan ini, Anda dapat mencoba menjadi relawan di berbagai kegiatan sosial. Menjadi relawan termasuk untuk mencari pengalaman tambahan yang mungkin tidak di dapatkan di kampus.

Aktif di Media Sosial
Saat semua orang berada di rumah selama masa pandemi, maka satu-satunya cara yang ampuh dan murah untuk menunjukkan siapa diri Anda di depan publik adalah melalui internet (media sosial). Anda dapat membuat akun media sosial seperti LinkedIn, Instagram atau media sosial lainnya. Tunjukkan diri Anda, karya, gagasan atau hal-hal yang perlu orang ketahui tentang Anda.

Coba juga untuk mencari teman lama atau senior/alumni di media sosial. Anda dapat menawarkan keahliaan yang Anda punya, siapa tahu mereka atau kenalan mereka memerlukan keahlian Anda.

Tingkatkan ketrampilan (skill)
Tingkatkan ketrampilan (skill) Anda dengan memanfaatkan waktu luang yang ada. Ketika Anda belum mendapat pekerjaan, Anda dapat membaca artikel, seperti artikel Teknik Pencarian Google dengan Operator Google atau mengikuti webinar/kelas online gratis yang sesuai dengan minat Anda. Beberapa webinar dapat Anda lihat di Youtube Akademi Telkom Jakarta.
Hal ini pasti akan memperkaya ilmu baru atau mungkin dapat dimasukkan ke dalam CV Anda.

Siap Bekerja dari Rumah
Himbauan kerja dari rumah sudah sering kita dengar, banyak orang yang masih merasa belum terbiasa dengan perubahan cara kerja yang seperti ini. Jika biasanya mereka rapat tatap muka secara langsung, dan bisa menegur anggota tim kerja di sebelah meja, kini semuanya harus dilakukan secara online.

Semua orang termasuk Anda juga harus terbiasa dengan situasi ini. Jika suatu saat diterima sebagai karyawan di tengah masa pandemi Corona (COVID-19), maka siapkan diri untuk memulai hari pertama kerja dari rumah. Mulai sekarang siapkan diri dengan mengecek alat pendukung dan ruang kerja dari rumah, mempelajari cara menggunakan aplikasi meeting seperti Zoom atau Google Meet, hingga mencari cara untuk tetap produktif dan termotivasi meski tidak diawasi atasan langsung.

Latihan Interview Online
Beberapa perusahaan masih menerapkan kebijakan kerja dari rumah. Hal ini tentu mengubah proses perekrutan suatu lowongan kerja. Jika sebelumnya perusahaan meminta kandidat mendatangi kantor untuk melakukan interview, sekarang proses interview dilakukan secara online.

Oleh karena itu, Anda perlu juga berlatih interview, baik intervew melalui telepon atau pun video call. Jika Anda diminta untuk interview via telepon, maka persiapkan diri dengan memilih ruang yang tepat ketika akan menerima panggilan, dan pastikan menjaga tekanan suara saat berbicara. Sementara buat Anda yang akan mengikuti wawancara dengan video call, berpakaianlah dengan rapi, pertahankan kontak mata, usahakan senyum selama interview, dan selalu menunjukkan posisi tubuh tegak, tetapi tetap nyaman.

Santo Gunawan

Santo Gunawan

Tukang scanner di @akademitelkom

One thought on “Tips Cari Kerja Saat Pandemi Corona (COVID-19)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *