Mencetak Murid Pintar

Seorang guru pengganti untuk mata pelajaran bahasa Arab memasuki ruangan kelas di sebuah Madrasah Ibtidaiyyah . Ia akan menggantikan guru pelajaran itu sampai akhir semester ini . Ia memulai pembelajaran di kelas itu , ketika ia bertanya pada seorang murid laki-laki yang duduk di bangku depan , ia bingung karena tiba-tiba suasana kelas menjadi riuh… Murid2 lain tertawa tanpa sebab. Karena sudah kenyang dengan pengalaman mengajar , ia faham betul , pastilah ada sesuatu yang ditertawakan oleh anak-anak di kelas itu pada diri anak laki2 yang ditanya olehnya tadi. Setelah diselidiki ternyata anak laki2 itu dikenal sebagai murid yang paling bodoh di kelas itu … teman2 nya begitu meremehkan nya sehingga sering mengolok2 dan mentertawakannya . Suatu hari seusai pelajaran ia memanggil murid yang dianggap bodoh itu setelah seluruh teman2 nya pulang , ia berkata sambil memberikan secarik kertas : “Hafalkan baik2 bait2 syair yang ada di kertas ini … harus hafal betul dan ingat jangan engkau beritahukan kepada teman2 mu … siapapun !” . Murid itu mengangguk patuh .

Seminggu kemudian , guru menyampaikan pelajaran baru di kelas itu, ia menulis syair di papan tulis .. menerangkannya dan membacakannya berulang2 , setelah itu ia berkata ; “Nah sekarang siapa yang hafal bait2 syair ini ?? ” tanyanya sambil perlahan ia menghapus tulisan syair itu di papan tulis … tak seorang murid pun mengangkat tangan … kecuali murid yang dikenal bodoh oleh teman2 nya itu , perlahan malu2 ia berdiri dan menghafalkan bait2 syair itu … hafalan yang lancar sekali … teman2 nya yang biasa mengolok2 dan mentertawakan,semua terkejut dan terdiam … Guru itu memujinya dan menyuruh teman2 nya untuk bertepuk tangan menghormatinya…

Demikianlah …. berulang kali guru bahasa arab ini memberikan kertas hafalan2 kepada simurid bodoh itu … tertawaan dan cemoohan teman2nya kini berubah menjadi kekaguman padanya . Hal ini mendorong perubahan besar pada jiwa si murid itu . Ia mulai percaya diri dan meyakini bahwa dia tidak lah bodoh … ia merasa mampu untuk bersaing dengan teman2 sekelasnya .. perubahan ini mendorongnya untuk semangat dan bersungguh2 belajar di semua mata pelajaran . Ketika ujian akhir tiba … murid ini berhasil lulus untuk setiap mata pelajaran … dengan nilai yang sangat memuaskan … si murid bodoh itu kini sedang mengejar gelar doktor di sebuah universitas ternama di kotanya . Kisah ini dia tulis di sebuah koran sebagai pujian untuk gurunya … sebagai doa agar gurunya itu beroleh pahala dari ALLAH dan kebaikan karena jasa2 nya ….

Saudaraku … manusia yang mempergauli kita ada 2 jenisnya … yang 1 jenis manusia yang membuka jalan kebaikan menutup jalan keburukan …manusia jenis ini akan selalu memberi kita harapan, optimisme , menolong , melapangkan dst dst …. Yang ke 2 jenis manusia yang membuka jalan keburukan menutup jalan kebaikan … manusia jenis ini akan selalu memutus harapan dan cita2 dari kita … ia selalu menebar duri dan kerikil di jalan yang akan kita lalui … pesimisme … putus asa … dst dst ….

Semoga kita mampu mengambil hikmahnya ….nafa’ani wa iyyakum ….Selamat hari guru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *