Computer Vision : Bagaimana Menghitung Kecepatan Kendaraan dengan Kamera ?

Saat ini, trend teknologi bergeser ke arah kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI). Dan menjadi menarik lagi ketika membahas tentang Machine Learning (ML) dan kita akan menyelam lebih dalam dan detail ketika mempelajari Deep Learning (DL). Mestinya banyak pertanyaan yang muncul, bagaimana membuat kecerdasan buatan, atau lebih sederhananya, bagaimana mesin belajar? Rupanya Ketiga konsep ini sangat berkaitan, sehingga jika digambarkan hasilnya seperti gambar berikut :

 

Maka nampak jelas hubungan ketiganya. Lantas apa hubungan ketiga istilah ini dengan judul diatas? Untuk saat ini memang belum nampak keterkaitannya, nanti akan kita lihat keterkaitannya, informasi sementara yang penulis dapatkan adalah adanya proyek Machine Learning (ML) di freelancer.co.id yang didalamnya terdapat bahasan tentang bagaimana ML menghitung jumlah kendaraan serta kecepatan kendaraan menggunakan computer vision. senilai 1,500.00 – 3,000.00 AUD. Sehingga memang ada keterkaitannya. Lantas kembali ke judul diatas, agar bahasannya lebih fokus dan lebih sederhana agar sesuai dengan kemampuan penulis. Bagaimana menghitung kecepatan kendaraan menggunakan kamera ? Maka agar lebih mudah memahaminya, penulis merujuk ke gambar berikut :

Nah, gambar diatas setidaknya apa yang menjadi pertanyaan kita sedikit lebih sederhana. Agar lebih jelas lagi penulis deskripsikan sebagai berikut :

  1. Kamera ditempatkan pada satu titik, sehingga dapat merekam video dengan cakupan area sepanjang 16.00 m dalam satu layar penuh kamera.
  2. sehingga ketika ada kendaraan berjalan dari ujung paling kiri kamera sampai ujung kanan kamera, kita akan tahu bahwa kendaraan tersebut menempuh jarak 16.00 m.

Maka pertanyaan berikutnya adalah berapa waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut ? Maka kita perlu melihat settingan yang ada di kamera. Kamera tersebut merekam video dan memutarnya dengan frame rate berapa ? Dalam hal ini kamera video dapat memutar video dengan frame rate mulai dari 10 fps (frame per second) sampai dengan 60 fps. Penulis ambil frame rate yang digunakan misalnya 30 fps. Maka selanjutnya dapat dihitung dengan program, saat kendaraan mulai masuk dari sisi kiri sampai keluar dari sisi kanan membutuhkan berapa frame ? Jika dari program diperoleh jumlahnya framenya = 15 frame, maka dengan frame rate = 30fps, 15 frame membutuhkan waktu = 15/30 detik = 0.5 detik. Sehingga ketiga jarak (S) diketahui, dan waktu (t), didapat, maka dapat dihitung kecepatan kendaraan = 16 m/0.5 detik = 32 m/detik.

Sehingga ternyata benar dengan computer vision, kita dapat menghitung kecepatan kendaraan yang ada didalam video tersebut. Bagaimana jika kamera berada pada arah depan atas kendaraan. Misal penempatan kamera berada diatas traffic light?
Maka dengan konsep ini dapat digunakan untuk membangun Smart Traffic Light berdasarkan jumlah kendaraan dan kecepatan kendaraan.

Bersambung (Berikutnya : Menghitung Kecepatan Kendaraan dalam Video dengan python)

Penulis : Suyatno

Referensi :

  1. https://www.pyimagesearch.com/2019/12/02/opencv-vehicle-detection-tracking-and-speed-estimation/
Suyatno Budiharjo

Suyatno Budiharjo

IKatlah Ilmu dengan Menuliskannya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *