Siapa suruh datang jakarta? 5 Tips bagi Perantau Pemula!

Ribuan mimpi dari pelosok negri tertuju pada Jakarta, City of Opportunity. Bukan hanya demi merasakan euforia dari kota yang punya label “Kota yang tak pernah tidur” ini. Hal utama tentu saja motif ekonomi sebagai dorongan untuk ambil bagian dari masyarakat metropolitan tersebut. Lihat saja, hampir tidak ada bangku kosong di bus Transjakarta/busway atau antrian panjang dipintu keluar Kereta Commuter Line selepas jam kantor. Dan yang membuat semakin takjub penuh syukur atas nikmat yang diberikan kepada kita, tatkala menyaksikan kehidupan dipinggir bantaran sungai atau dikolong jembatan yang jauh dari layak.

Lantas apa yang bisa kita harapkan dari Jakarta tanpa bekal ketrampilan atau pendidikan formal yang mumpuni? kalau hanya berbekal nekat tanpa berfikir dan berikhtiar lebih keras, kembali saja kisanak! Jakarta butuh kamu yang punya potensi dan punya daya juang tinggi.

Dear Perantau wannabe, Impian mu bisa dimulai dari sekarang. Bulatkan tekat dan pelajari Tips berikut ini supaya bisa Survive dikejamnya ibu kota.
1. Belajar mandiri
Tak hanya cukup sekedar niat guys, Pastikan kamu sudah terbiasa mengerjakan segala sesuatu dengan tidak banyak bergantung pada orang lain. Kalo masih dikit-dikit panggil emak, ya mending cukup stay dulu dirumah. Ini bukan gertakan guys! Sebagian besar perantau lebih milih cuci baju sendiri dari pada memakai jasa binatu atau laundy.
2. Hemat
Awal bulan hedon foya-foya makan di restoran junkfood papan atas, pertengahan mulai geser ke warteg seadanya, giliran tanggal tua siap-siap stok mie instan. Siklus hidup dompet pekerja nggak jauh beda kaya gini ni guys. Anak kos banget nggak ni?
3. Supel dan Sosialis
“Banyak teman dimeja makan”, ini bener banget sih. Lingkungan sosial kamu adalah filter dan cerminan diri kamu. So, kalo masih maunya ditraktir mulu tanpa ada timbal balik, jangan harap pas sakit nanti ada yang jenguk. Eh…nggak gitu juga sih. Intinya, kamu bisa saling memanfaatkan sebagai sesama teman. Saling sapa dan jalin silaturahmi bisa membuka berjuta peluang lho guys. Siapa tau jodohmu ada didekatmu! cie..cie..
4. Tetapkan target
Buat rencana hidup yang detail dan matang, kalo bisa sampai breakdown untuk periode jangka pendak dan panjang. Biar hidupmu makin tearah, bukan hanya melulu dengan aktifitas yang itu-itu saja. Prinsip “Esok lebih baik dari hari ini”, harusnya tetap kita pegang.
5. Investasikan Intelektualmu
Seperti diawal yang sudah kita bahas, kalo hanya berbekal pendidikan yang rendah,bisa jadi peluang suksesmu di perantauan akan tertunda. So pastikan kamu tetap upgrade kemampuan kamu jadi yang lebih unggul dan lebih maju. Di Jakarta misalnya, banyak kampus yang menawarkan program perkuliahan dengan sistem fleksibel, handal dan terpercaya. Apalagi urusan IT yang Long Lasting tapi sangat bisa membantu kamu mencapai sukses di masa depan.

Akademi Telkom Jakarta, Solusi berkarir dibidang ICT terbaik.

Bagi kamu perantau yang masih pada ambang batas karir yang gitu-gitu aja, ingin memperdalam skill dibidang komunikasi dan peluang sukses itu masih didepan mata. Nikmati layanan Blended Learning dan juga program extension lainnya di Akademi Telkom Jakarta. Biaya terjangkau, sistem belajarnya juga mengedepankan konsep vokasi atau terapan, serta didukung tim dosen yang profesional. Program penerimaan mahasiswa baru untuk tahun 2021 sudah dibuka lho guys. Fyi, daftar diawal kesempatan discount nya besar banget. More info bisa langsung hubungi Admin Admisi di 081382334009 atau visit http://akademitelkom.ac.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *