5 Fakta Kali Mookervart yang menghubungkan Jakarta dan Tangerang.

Bagi pengguna jalan yang melintas antara perbatasan Jakarta Barat dan Kota Tangerang tentu sudah terbiasa disuguhi pemandangan kali sepanjang perjalanannya. Selain dikenal dengan banyak pabrik dan pusat bisnis, Kali yang dibatasi dengan kontruksi panel besar dan kokoh ini ternyata memiliki fakta yang menarik.

Iya, kali Mookervart atau disebut juga mokervart. Sebagian asing dengan nama tersebut tapi usut punya usut, sejarah panjang dari kali ini sudah dibangun pada tahun 1678 sampai 1689. Berikut 7 fakta menarik seputar kali yang identik dengan aliran sungainya yang pekat.

1. Menghubungkan 2 sungai, 2 kota, 2 provinsi.

Yup! Kali Mookervart menghubungkan antara kali Angke, jakarta barat milik provinsi DKI jakarta dengan kali Cisadene di pusat kota Tangerang, provinsi Banten. Boleh juga ni buat menyatukan aku dan kamu!

2. Mengalir sepanjang 13 kilometer

Kali Mookervaart ini panjangnya 13 kilometer atau setara dengan 8,1 mil, dengan Daerah Pengaliran Sungai (DPS) seluas 67 km². Curah hujan harian rata-rata sebesar 132 mm, dan debit puncak 125 m³. Panjang kan guys!

3. Mengalirkan 1/3 aliran sungai

Tujuan awal dibuatnya kali ini adalah untuk menambah suplai air serta mengendalikan banjir. Caranya dengan mengalirkan sepertiga aliran sungai Cisadane dan menghubungkannya dengan kanal-kanal di kota Batavia.

4. Suplai air terbanyak untuk kota Batavia

Pada abad ke-18 kali Mookervaart tetap memberi suplai air terbanyak untuk kota Batavia lho guys. Beberapa kali kanal itu juga meluap tinggi pada musim hujan, sehingga pintu air dibangun di bagian ujung atas sungai pada tahun 1770.

5. Berdiri Benteng Pertahanan

Siapa sangka, pada tahun 1657 berlokasi di pertemuan Kali Mookervaart dan Kali Angke dibangun Benteng Angke oleh Vereenigde Oostindische Compagnie di pinggir Kali Angke di sebelah barat kota Jakarta .Nama benteng ini sering ditulis dalam berbagai bentuk: Anké, Anckee, Anke, Ankee.

Nah, baru tahu fakta menarik tersebut kan guys. Eits… tunggu dulu, ada yang ketinggalan ni.

lokasi Akademi Telkom Jakarta

Pemandangan berbeda bisa kalian lihat disebelah kiri kali Mookervart dari arah Cengkareng ke arah flyover Pesing. Lebih tepatnya lagi setelah halte busway Jembatan Gantung. Yup! Disana bertengger Kampus pencetak generasi ICT terbaik, Akademi Telkom Jakarta. Selain sudah berdiri dari tahun 2002, Perguruan Tinggi dibawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ini sudah melulusakan lebih dari 15 angkatan lho.

Fyi, pendafataran mahasiswa baru untuk periode tahun 2021 sudah resmi dibuka untuk umum. Pastikan daftar diawal, dan dapatkan benefit menarik seperti potongan biaya masuk hingga berkesempatan mengikuti program pendampingan entrepreneurship melalui RIsE Program. Wait, info soal apa itu RIsE program kita akan bahas di artikel berikutnya ya.

sumber : wikipedia
credit image : Apit R

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *