UTS Online : Bagaimana menjaga Mutu Pelaksanaan Ujian Online?

UTS Online, Apa itu?

UTS Online adalah evaliasi pembelajaran yang diberikan dengan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pembelajaran untuk mengetahui seberapa besar pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan yang sudah diberikan.

Pelaksanaan Ujian Tengah Semester atau lebih dikenal dengan UTS, tahun 2020 ini diselenggarakan secara during atau online. Lantas bagaimana menjaga kualitas ujian ? Dalam hal ini muncul pertanyaan dari mahasiswa, sifat ujiannya bagaimana pak? Ok saya jawab, Sifat Ujian Closed Book, Tidak ada Open Note, Tanpa kalkulator. Terus bagaimana pelaksanaan dan implementasinya? Sementara saya tidak bisa melihat atau memantaunya? Bagaimana saya tahu mahasiswa tidak mencontek? Bagaimana kita tahu mereka tidak menggunakan kalkulator? Tidak open note? Tidak kerjasama?

Strategi Ujian Online

Bagaimana agar ujian online membuat mereka mandiri, tidak mencontek berikut ini adalah beberapa strategi agar Ujian Online berjalann dwngan baik sesuai tujuannya sebagai bentuk Evaluasi Pembelajaran :

  1. Soal ujian dibuat acak
  2. Durasi atau waktu ujian setiap soal dibuat terbatas sesuai kebutuhan
  3. Soal ujian dibuat dalam bentuk kasus yang dapat berbeda jawabannya
  4. Soal dibuat menggunakan nomor induk mahasiswa (nim) sehingga jawabannya berbeda setiap orangnya
  5. Soal dibuat ketika dikerjakan dengan kalkulator malah salah jawabannya.
  6. Membuat soal yang soalnya tidak ada di Google.
  7. Membuat soal yang jawabannya tidak ada di Google.

Demikianlah strategi dan tips membuat soal yang dapat digunakan untuk menghindari mahasiswa mencontek dan menggunakan kalkulator. Semoga bermanfaat.

 

Suyatno Budiharjo

Suyatno Budiharjo

IKatlah Ilmu dengan Menuliskannya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *