Teknologi : Sekilas tentang Cisco IOx dan Aplikasi Edge

Manfaat Cisco IOx

  • Transformasi data IoT menjadi nilai bisnis digital baru: Bangun bisnis baru dengan kemampuan untuk memproses data volume tinggi di IoT Edge dan memberikan kontrol sistem loop tertutup secara real time.
  • Waktu yang cepat untuk menilai: Mencapai hasil bisnis yang terkait dengan inisiatif IoT lebih cepat dengan eksekusi aplikasi dalam perangkat IoT Edge.
  • Cakupan dampak yang luas: Mencapai penerapan produksi dengan cepat dengan manajemen dan eksekusi aplikasi IoT Edge pada skala IoT.

Memanfaatkan Data IoT, Memberikan Wawasan, Mendorong Bisnis Digital Maju

Bisnis mulai dari perusahaan di bidang manufaktur dan energi hingga organisasi sektor publik seperti kota dan otoritas transportasi telah menggunakan teknologi IoT untuk menghasilkan hasil bisnis yang berdampak tinggi, termasuk pengenalan produk yang lebih cepat, layanan yang lebih menarik, dan peningkatan efisiensi pengoperasian.

Portofolio Cisco® IoT mengintegrasikan elemen IoT penting yang diperlukan untuk kesuksesan pelanggan. IOx menggabungkan eksekusi aplikasi IoT dalam perangkat IoT Edge, konektivitas aman dengan Perangkat Lunak Cisco IOS®, dan layanan yang andal untuk integrasi yang cepat dan andal dengan sensor IoT dan cloud.

Dengan menghadirkan kemampuan eksekusi aplikasi ke sumber data IoT, pelanggan mengatasi tantangan dengan volume data yang tinggi dan kebutuhan akan respons sistem yang hampir real-time dan otomatis. (Lihat Gambar 1.)

Mempercepat Time to Value untuk Bisnis Digital Berbasis IoT

Aplikasi IoT Edge menawarkan pelanggan dan mitra ekosistem kemampuan untuk mengubah data sensor IoT dan melakukan fungsi kontrol dalam infrastruktur jaringan terdistribusi. Dengan dukungan penduduk IOx pada router, sakelar, dan modul komputasi, jaringan IoT terdistribusi berfungsi sebagai lingkungan komputasi untuk aplikasi Edge. Dengan layanan konektivitas yang aman dan kerangka aplikasi umum yang ditawarkan oleh aplikasi IOx dan Edge, pelanggan telah memberikan hasil bisnis secara cepat dengan inisiatif IoT mereka. Contoh lintas industri meliputi:

  • Perusahaan manufaktur menghubungkan mesin, mengubah data sensor, dan melakukan analitik waktu nyata untuk memprediksi kapan pemeliharaan diperlukan dan meningkatkan Overall Equipment Effectiveness (OEE).
  • Operator jaringan seluler mengelola aset menara seluler mereka dari jarak jauh. Dengan wawasan real-time dari aplikasi IoT Edge, mereka memastikan pengoperasian yang benar, mencegah pencurian, dan menghemat uang.
  • Utilitas meningkatkan keandalan jaringan menggunakan aplikasi IoT Edge untuk mengubah data SCADA menjadi wawasan dan kontrol waktu nyata.


Gambar 1. Lingkungan Aplikasi Cisco IOx

Komponen Cisco IOx

  • Cisco IOx: Cisco IOx menyatukan perangkat lunak Cisco IOS, sistem operasi jaringan terkemuka di industri, dan Linux, platform sumber terbuka terkemuka. Dengan Cisco IOx, pengembang Anda mendapatkan keuntungan dari proses yang sudah dikenal dan alat sumber terbuka yang lazim dengan Linux saat membuat aplikasi yang dijalankan pada infrastruktur jaringan Cisco IoT.
  • Edge Application Management: Cisco Field Network Director (FND), Kinetic-GMM dan DNA-C memungkinkan administrator untuk mengelola, mengatur, memantau, dan memecahkan masalah aplikasi yang berjalan di lingkungan Cisco IOx dari jarak jauh melalui jaringan.
  • SDK dan alat pengembangan: Cisco IOx SDK adalah kumpulan alat dan pedoman metodologi untuk membantu pengembang mengemas aplikasi mereka untuk dieksekusi pada produk infrastruktur jaringan yang mendukung IOx.

Mengapa Cisco?

  • Sederhana: Penerapan yang siap pakai dan dapat diskalakan dengan keamanan
  • Fleksibel: Alat untuk banyak opsi komputasi Edge.
  • Skala dengan mitra: ekosistem cloud / platform / mitra aplikasi

Hanya Cisco yang memberikan kemampuan untuk mengeksekusi aplikasi IoT Edge dalam infrastruktur jaringan terdistribusi. Kerangka aplikasi Cisco IOx menawarkan manajemen dan hosting yang konsisten di seluruh produk infrastruktur jaringan, termasuk router Cisco, Switch, dan modul komputasi. IOx memungkinkan pengembang aplikasi untuk bekerja di lingkungan aplikasi Linux yang akrab dengan pilihan bahasa dan model pemrograman mereka dengan alat pengembangan sumber terbuka.

Sebagai Catatan penulis :

Ini adalah materi yang akan penulis sampaikan di forum Pelatihan.

Suyatno Budiharjo

Suyatno Budiharjo

IKatlah Ilmu dengan Menuliskannya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *